Posted by : Unknown Saturday, July 20, 2013

Tidak semua flashdisk yang dibeli terjamin kualitasnya, bahkan beberapa diantaranya flashdisk tersebut tidak terbaca pada komputer, terformat sendiri, copy paste lambat atau sering error, flashdisk terkena virus dan lain sebagainya. Masalah tersebut sudah umum terjadi ketika kita memasang media penyimpanan tersebut ke komputer.

flashdisk error
Flashdisk tidak terbaca biasanya dapat disebabkan oleh beberapa penyebab diantaranya karena terkena air ketika hujan tidak disengaja, komponen yang sudah berkarat, unit flashdisk yang rapuh karena buatan tiruan atau bisa juga karena kesalahan penggunaan. Saat ini, flashdisk sudah menjadi kebutuhan pokok bagi pengguna komputer untuk transfer data dan berbagi file.

Karena ukurannya yang kecil, kapasitas yang cukup besar, dan mudah dibawa kemana-mana membuat flashdisk menjadi pilihan dalam media penyimpanan favorit saat ini serta menggusur pendahulunya yaitu disket dan juga keping cd/dvd. Meskipun tergolong awet, penggunaan yang tidak tepat akan meningkatkan resiko kerusakan. Jika sudah rusak biasanya flashdisk tidak bisa dikenali atau dibaca oleh komputer.

Namun, walaupun flashdisk tidak terbaca di komputer tersebut bukan berarti flashdisk Anda telah rusak. Jika flashdisk Anda dapat terbaca di komputer lain, berarti tidak terdapat kerusakan fisik di flashdisk Anda, dan Anda dapat mengunakan cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca di komputer Anda, namun dapat terbaca di komputer lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat menggunakan software kecil bernama Jetflash Online Recovery.
Silahkan anda dapat mengunduhnya pada link ini.

Cara Memperbaiki Flash Tidak Terbaca dengan Jetflash :
        Download kemudian install di komputer Anda.

        Pastikan terhubung dengan internet.

        Colokkan flashdisk ke komputer.

        Jalankan aplikasi.

        Pilih "Repair drive & keep exiting data" lalu klik start.

        Jika proses selesai klik exit dan cabut flashdisk.

        Jika gagal, pada step 5 pilih "Repair disk & erase all data"

Cara Memperbaiki Flashdisk

1. Periksa status drive komputer anda (buka "My Computer").
2. Perhatikan bahwa tidak terdapat drive "E:" atau drive tambahan ketika Anda mencolokkan flashdisk ke omputer Anda, lalu tutup jendela "My Computer".
memperbaiki flashdisk
3. Klik start, lalu ketikkan "disk management".
4. Perhatikan bahwa terdapat drive dengan nama "WD_Backup" tetapi tidak memiiki tanda huruf drive. Drive inilah yang nantinya perlu untuk kita tetapkan hurufnya.
5. Klik kanan pada panel drive yang tidak memiliki huruf drive tadi. Kemudian pilih "Change Drive Letter and Paths".
flashdisk scan
6. Klik "Add" kemudian pilih huruf drive dari daftar huruf yang tersedia (jangan menggunakan huruf "A", "B" atau "C", tetapi gunakan huruf lainnya yang masih tersedia/belum terpakai). Kemudian klik "OK".
7. Kembali ke panel Disk Management jika telah selesai menambahan huruf pada drive yang Anda pilih. Periksalah sekali lagi bahwa drive tersebut telah memakai huruf sesuai dengan huruf yang Anda pilih.
flashdisk computer normally
8. Tutup panel Disk Management. Kemudian klik dua kali pada "My Computer" dan lihat bahwa drive tadi sudah muncul dengan memakai huruf sesuai dengan huruf yang telah Anda pilih.

Jika cara diatas belum berhasil, ada kemungkinan Driver USB Anda belum terinstall atau terhapus oleh virus. Bisa juga disebabkan autorun.inf yang tidak berfungsi running. Cobalah lakukan install driver USB Flashdisk tersebut dengan cara klik "Start", klik kanan pada "Computer", Pilih Properties, device manager atau
Langsung dengan mengetik device manager pada kotak pencarian setelah click Start.

Semoga panduan serta tutorial ini dapat bermanfaat untuk anda.

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. artikel yang sangat membantu.
    siip pkoknya.
    buat admin
    sekalian nitip link.
    http://www.skor123.com/papiss-cisse-kembali-bermain-untuk-new-castle/

    ReplyDelete
  2. mudah2an bisa buat flashdisk saya....
    thankz bro....

    ReplyDelete

- Copyright © Easy,Complete, and as Learning -AndroidHint- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -