Pada artikel kali ini saya ingin sharing beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan pada Linux Ubuntu, seperti yang akan saya bahas kali ini, yaitu cara mengelola dan membuat file berformat ISO. File ISO merupakan file Image yang mendukung pembuatan data dengan menggunakan CD atau DVD, atau bisa digunakan sebagai virtual CD pada komputer, biasanya berformat nrg, iso, ccd, cso, dan format-format lainnya.
Kebanyakan file image dikompres menggunakan format .iso, dengan format iso anda bisa menyimpan banyak file dalam satu format dengan sistem sama seperti pada folder,sehingga lebih efektif dari 1 folder berisi banyak file, kelebihan lain dari format iso yaitu bisa dibaca berbagai media disk seperti CD, DVD, Blu Ray disk, dan format lain. dan aplikasi untuk mengelolanya juga cukup banyak.
• Master ISO
Salah satunya pada Linux Ubuntu di sini, anda bisa menggunakan aplikasi Master ISO untuk mengelola file iso yang anda punya, seperti membuat, mengextract, dan mengedit file iso tersebut. Penggunaanya adalah sebagai berikut:
1. Download Master ISO
sudo apt-get install isomaster
2. Tunggu sampai proses selesai, setelah selesai anda buka ISO Master di Applications – Sound & Video – ISO Master, berikut tampilannya:
3. Kemuidan anda dapat membuat, mengextract, dan mengedit file ISO yang anda inginkan.


• Furius ISO Mount
Apabila anda ingin membuat virtual CD dengan file iso tersebut, anda dapat menggunakan aplikasi Furius ISO Mount, aplikasi ini sama fungsinya seperti Ultra ISO dan Daemon pada Windows, yaitu membuat virtual CD dengan melakukan mount pada file iso. Penggunaanya adalah sebagai berikut:
1. Download Furius ISO Mount
sudo apt-get install furiusisomount
2. Tunggu sampai proses download dan installasi selesai, setelah selesai anda dapat membuka Furius ISO Mount di Aplication – Accessories – Furius ISO Mount, berikut tampilannya:

3. Pilih berkas file yang ingin anda jadikan virtual CD, kemudian pilih Mount, dan anda dapat melihat hasil mount di /home/user/namafile.
Berikut hasil mounting yang saya coba:


• CLI/Terminal
Cara lain untuk melakukan mount iso yaitu dengan menggunakan perintah pada CLI atau terminal, berikut langkah-langkahnya:
1. Buat directory baru pada folder mount sebagai folder untuk tempat mounting
asus@asus:~$ sudo mkdir -p /mnt/disk
2. Mount file ISO yang anda punya
asus@asus:~$ sudo mount -o loop file1.iso /mnt/disk/
Perintah tersebut untuk melakukan mount file.iso ke dalam folder /mnt/disk/
Semoga membantu.

Referensi : Asus87