Posted by : Unknown Saturday, April 7, 2012

Seperti yang diketahui, Search Engine merupakan hal pokok yang utama untuk kita dapat dengan mudah browsing dan mencari sebuah pencarian kata. Google merupakan salah satu Search Engine paling populer saat ini. "Googling" yang kurang lebih berarti "cari di Google" memang menunjukkan dengan jelas popularitas dan dominasi Google sebagai juara search engine di dunia Internet. Saat ini, telah cukup banyak search engine yang telah dikembangkan oleh berbagai pihak, yang tentunya semuanya berambisi untuk menggeser dominasi Google.

Bagaimanakah search engine ini bekerja?
Kalau dilihat dari arti katanya, search engine yang berarti mesin pencari atau tools untuk mencari informasi, maka hampir semua aplikasi memilikinya, terutama aplikasi yang menyimpan informasi dalam ukuran relatif besar. Ketika anda mengetikkan sebuah keywords di dalam sebuah search engine, Apakah anda akan mendapatkan sesuatu yang anda cari dari keywords tersebut? Tentu tidak.

Sebagai contoh, jika anda kemudian bertanya pada beberapa rekan, apa yang timbul dalam pikiran mereka saat Anda menyebut "sixth sense'. mereka akan menyaring kata tersebut dan mungkin akan mengaitkannya dengan film berjudul "The Sixth Sense". Sebuah respon yang wajar sebagai manusia, namun apakah search engine (mesin pencari) melakukan hal yang sama? Ternyata dari percobaan pada beberapa Search Engine populer, yaitu Google.com , yahoo.com, bing.com, dan wolframalpha.com, seluruhnya meletakkan film "The Sixth Sense" pada urutan pertama, walaupun film tersebut dibuat 10 tahun yang lalu. Dapat disimpulkan web search engine saat ini sudah mengimplementasikan kecerdasan buatan agar dapat memahami maksud anda, walau dalam kasus ini logikanya masih sederhana, yaitu mengaitkan keyword pencarian anda di search engine dengan ranking tertinggi.

Berbeda dengan algoritma sebelumnya yang memperhitungkan popularitas dan rank dari keyword yang diketikkan, metode semantic search mencoba menampilkan hasil yang lebih informatif dan sesuai dengan apa yang kita cari dengan cara mencoba memahami arti keyword tersebut. Semantic search engine sering disebut sebagai search engine masa depan, sebuah kecerdasan yang dapat membantu Anda menarik informasi yang lengkap, tepat, dan cepat dari timbunan Terabyte atau bahkan petabyte data.

Bing merupakan search engine dari microsoft yang tampaknya akan menjadi kompetitor yang patut diperhitungkan Google. Popularitas bing.com melesat dengan cepat dan telah mencapai peringkat 3 berdasarkan Alexa rank. Hasil pencarian pada Bing, menampilkan respon yang cepat bahkan terkadang banyaknya jumlah result yang diperoleh Bing untuk sebagian keyword melebihi Google. Bing memiliki kecerdasan dan akan memandu anda untuk menulusuri lebih jauh sebuah keyword dengan memahaminya terlebih dahulu. Teknologi di belakang Bing adalah engine yang dikembangkan oleh Powerset, yang dibeli Microsoft pada tahun 2008. Powersoft membangun natural language engine yang dapat mencari berbagai alternatif jawaban dari pertanyaan pengguna, tidak terpaku pada pencarian berdasarkan keyword saja.

Dapat disimpulkan bahwa saat ini search engine bukan hanya dituntut untuk menemukan hasil pencarian, tetapi juga diharapkan mampu memberikan jawaban instan, ataupun mengarahkan pencarian ke arah yang lebih tepat.

Untuk Mendownload software yang lainnya dan terupdate silahkan kunjungi blog kami di
http://softwareku4u.blogspot.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Easy,Complete, and as Learning -AndroidHint- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -