Posted by : Unknown Thursday, December 8, 2011

  Pada posting yang pertama ini, saya akan menampilkan langkah-langkah dan cara untuk membuat blog. Mungkin anda sering mendengar istilah web ataupun blog. Hanya saja perbedaannya yaitu, kalau web merupakan situs yang menyediakan informasi satu arah pada pengunjungnya,sedangkan blog atau web blog menyediakan fasilitas dua arah. Maksud arah disini, adalah komunikasi antara penerbit dan pengunjung dapat saling bercontact langsung. Jadi, para pengunjung dapat memberikan komentar langsung dengan artikel blog tersebut. Membuat blog jauh lebih mudah dan praktis dibandingkan dengan web. Istilah lain dari blog itu sendiri,yaitu CMS. CMS merupakan kepanjangan dari Content Management System. Sedangkan orang yang mempunyai blog disebut blogger.  Mungkin untuk sebagian orang yang masih pemula belum mengetahuinya.


Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara membuat blog yang gratis, yaitu salah satunya pada blogspot. Langsung saja, ikuti langkah berikut ini :

  1. Langkah pertama yang harus, kamu persiapkan adalah email. Ya, kamu harus membuat email terlebih dahulu jika ingin membuat sebuah blog. Karena tanpa email maka blog tidak dapat dibuat. Email memang merupakan syarat utama untuk daftar pada sebuah blog. Anda dapat membuat email disini, yaitu yahoo.com , gmail.com , plasa.com  dan lain lain.
  2. Setelah anda membuat email, tanpa basa basi yuu kita buat blog di blogspot. Ketik blogger.com lalu klik Memulai atau Get Started. 
3. Kemudian, lengkapi pendaftaran blog sesuai dengan kotak isi yang dibutuhkan. Seperti gambar ini :
4. Setelah mengisi formulir pendaftaran tersebut, klik Lanjutkan. Jangan lupa, menceklis kotak Persyaratan Layanan terlebih dahulu. Setelah itu, maka akan muncul kotak formulir pendaftaran yang kedua, seperti berikut ini :
5. Isilah judul blog dan alamat blog sesuai dengan keinginan kalian. Gunakan nama yang unik agar lebih terlihat asyik gitu, hehe^^. Lalu, ketikkan kode yang ada di Verifikasi Kata, lalu klik Lanjutkan.
6. Pilih tema atau dalam bahasa blog yaitu template. Pilih salah satu template awal anda untuk digunakan pada blog kalian. Hanya untuk melengkapi pembuatan blog saja, namun kapan saja anda dapat mengganti template blog anda tanpa batasan waktu dan pemilihan. Contohnya seperti gambar ini :
Setelah klik tombol Lanjutkan diatas, maka blog anda telah jadi. Lakukanlah posting untuk membuat artikel anda. Selamat Mencoba dan bermain blogging.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Powered by Blogger.

- Copyright © Easy,Complete, and as Learning -AndroidHint- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -