Posted by : Unknown Thursday, December 15, 2011


Sebelumnya saya telah menulis sebuah artikel tentang 'Cara Cepat Mendapatkan Rangking Di Alexa', kali ini saya akan memberitahu anda tentang Cara Meningkatkan Rangking di Alexa. Bagi Anda pemilik website atau blog yang tidak menjadikan web atau blognya untuk mencari uang di internet, maka sebenarnya alexa rank atau peringkat alexa tidak begitu berguna. Namun tetap terkadang alexa rank menjadi sebuah gengsi tersendiri, karena dengan alexa rank bagus itu menjadikan ciri bahwa website tersebut adalah website yang populer. Lain halnya dengan pemilik web atau blog menjadikan web atau blog miliknya sebagai lahan mencari uang di internet, alexa rank sangat penting karena tempat-tempat mencari uang di internet seperti Paid Review, Teks Link ads, Sponsored Review serta website penghasil uang lainnya menjadikan alexa rank sebagai tolak ukur kualifikasi
website kita sebagai publisher. Semakin bagus alexa rank, maka para pemasang iklan atau advertiser akan mau memasang iklan di website atau blog kita.

Cara Meningkatkan Ranking Alexa

Untuk mendapatkan Peringkat atau rankingyang baik, maka tentunya kita harus mengetahui dulu apa itu alexa rank dan bagaimana cara kerjanya. Maka mari kita perhatikan kutipan langsung dari situs resminya http://www.alexa.com/site/help/traffic_learn_more, mudah-mudahan karena dari sumber aslinya jadi tidak akan menyesatkan kita deh: Atau lihat disini saja dehh ^^ ;
The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and data obtained from other, diverse traffic data sources, and is a combined measure of page views and users (reach). As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basis. The main Alexa traffic rank is based on a value derived from these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users). The three-month change is determined by comparing the site’s current rank with its rank from three months ago. For example, on July 1, the three-month change would show the difference between the rank based on traffic during the first quarter of the year and the rank based on traffic during the second quarter.
Bagi yang belum terlalu bisa bahasa Inggris, nih saya beri tau inti dari tekt diatas.
Ada beberapa poin penting yang dapat kita ambil sebagai patokan untuk meningkatkan Ranking Alexa.
1. Pasanglah Alexa Toolbar
Dari definisi awal kutipan di atas secara pasif disebutkan bahwa salah satu penilaian ranking situs kita dilaporkan dari jutaan pengguna Alexa Toolbar, dimana tool ini berfungsi mengumpulkan informasi, data traffik dan statistik dari setiap website/ blog yang dikunjungi dan kemudian menjadi input data bagi penilaian rank alexa. Sederhananya jika kita menggunakan alexa toolbar dan kita mengunjungi website / blog kita, maka tool ini akan memberikan data bagi alexa yang tentunya menjadikan input baru bagi alexa untuk menilai ranking website /blog kita.
2. Tingkatkan Jumlah Traffic
Inilah sebenarnya inti dari meningkatkan Alexa Rank, yaitu dengan meningkatkan jumlah trafik atau kunjungan ke website atau blog. Semakin banyak jumlah kunjungan ke website / blog kita maka akan semakin baik pula ranking alexa. Adapun caranya akan dibahas pada post berikutnya.
3. Tingkatkan Daily Reach
Daily Reach adalah kunjungan secara global, maksudnya yaitu jumlah kunjungan atau trafik yang berasal dari berbagai macam negara di dunia. Untuk situs berbahasa inggris tentunya memiliki peluang yang lebih besar dibanding situs berbahasa lokal. Namun tidak menutup kemungkinan pula jika kita aktif sering berkomentar di situs luar, aktif di forum dan komunitas internasional atau bahkan dengan membuat suatu kategori khusus blog berbasa Inggris.
4. Meningkatkan Daily Pageview, Time on Site dan Minimalisir Bounce Rate
Yaitu meningkatkan banyaknya jumlah pageview, lamanya kunjungan dan bounce rate yaitu rata-rata kunjungan terhadap suatu halaman masuk (landing page) dengan relevansi data yang dicari visitor sebelum visitor meninggalkan halaman situs/ landing page tadi. Bounce rate yang lebih tinggi mengindikasian landing page tidak sesuai dengan apa yang dicari visitor (source: Analytic Help). Adapun caranya yaitu dengan menambahkan link postingan yang saling berkaitan atau Related Post, membuat link halaman arsip atau kategori untuk terbuka di tab baru (caranya lihat di bawah), serta pastikan deskripsi dan tagging suatu postingan sesuai dengan isinya sehingga bermanfaat dan pengunjungpun betah berlama-lama di website / blog kita.
Cara membuat supaya link terbuka di tab baru
<h2><a href=”<?php the_permalink() ?>” rel=”bookmark” title=”Permanent Link to <?php the_title_attribute(); ?>”target=”_blank”><?php the_title(); ?></a></h2>
Contoh di atas adalah membuat link title post agar terbuka di tab baru. Caranya yaitu dengan menambahkan sedikit kode target=”_blank”pada link, dan cara inipun bisa diterapkan pada setiap jenis link seperti link title post, link dalam konten post, related post dan lain-lain.
5. Sering-seringlah Update Isi Website/ Blog
Semakin banyak isi situs kita akan memicu semakin banyak trafik yang masuk berkaitan dengan pencarian data yang terdapat di situs. Konsistensi dan frekuensi penambahan post pun ternyata menjadi tolak ukur dan terbukti signifikan terhadap peningkatan ranking alexa. Usahakan dalam seminggu minimal dua kali menambahkan postingan. Berdasarkan pengalamanku, faktor ini secara signifikan sangat berpengaruh sekali terbukti dengan peningkatan ranking situs ini yang alhamdulillah cukup cepat untuk sebuah situs pribadi. Walaupun dari segi page visit dan pageview masih kalah dibandingkan wap kecilku http://gudangnya-puisi.blogspot.com, namun dengan frekuensi penambahahan content situs yang cukup sering terbukti membawa pengaruh besar terhadap ranking alexa. Adapun trik jitu postingpun cukup sederhana, yaitu: misalkan kita mempunyai 2 atau tiga artikel untuk ditulis, usahakan jangan publish semuanya pada hari yang sama. Namun gunakanlah fungsi schedule untuk menjadwal tanggal publish suatu post. Contohnya artikel pertama dipublish tanggal 1 Mei 2011, maka publishlah artikel kedua pada tanggal 4 Mei 2011 dan seterusnya.
6. Buat Tulisan tentang Alexa
Dengan membuat tulisan tentang Alexa, maka para pengunjung situs kita akan tertarik menggunakan tool Alexa di atas, hal ini tentunya akan menguntungkan karena data yang masuk ke Alexapun akan menambah poin penilaian rangking situs kita.
7. Review dan Rating Profil Site
Ajaklah teman untuk mereview dan merating profil situs kita di Alexa. Hal ini ternyata cukup signifikan untuk meningkatkan ranking Alexa. Maka dari itu pada kesempatan ini sayapun menawarkan kerjasama kepada sobat semua untuk saling mereview dan merating profil situs kita di Alexa, bagusnya sih kasih 5 star rating :DTinggal klik banner di bawah ini, setelah ada di halaman review silahkan login dulu dengan menggunakan akun Facebook sobat. Kalo sudah, informasikan di kotak komentar dan nanti saya akan mereview balik situs sobat. Yuk!!!
Review http://finderonly.net on alexa.com

Cara Mendapatkan Alexa Site Links In

Secara sederhana Alexa site links in bisa didapatkan jika situs kita ada pada situs lain. Adapun cara yang termudah adalah dengan melakukan link exchange atau tukar link seperti pada daftar teman atau blogroll. Namun agar optimal blog atau situs kita hendaknya blog/ situs yang do follow. Bagi sobat pengguna wordpress, sobat bisa memanfaatkan plugin do follow agar terpasang di blognya. Selain itu ada trik unik pula agar situs kita memiliki links in yang banyak. Mari perhatikan list link di bawah ini:
  1. Om Google
  2. facebook
  3. Free Watch Video
  4. Yahoo
  5. Blogger
  6. Die Info
  7. Abandoned
  8. The Braincoder
  9. Cool Wap
  10. Mediashared
Agar links in kita banyak, salinlah list link di atas pada halaman atau post baru (buat artikel khusus). Setelah itu tambahkan link situs sobat di list yang terakhir (10) dan geser posisi link di atasnya, sehingga yang tadinya posisi 10 bergeser ke posisi 9, posisi 9 ke 8 dan seterusnya. Adapun Posisi yang pertama bisa dihapus. Sehingga List link di atas berubah menjadi:
  1. facebook
  2. Free Watch Video
  3. Yahoo
  4. Blogger
  5. Die Info
  6. Abandoned
  7. The Braincoder
  8. Cool Wap
  9. Mediashared
  10. Situsku
Trik ini mudah dan dapat dipahami cara kerjanya dengan menyebarkan link situs kita di situs lain. Dan sobatpun bisa menyebarkan informasi ini agar pemilik situs / blog lain mengikuti langkah yang sama. Berikut saya sediakan script untuk di copy paste di situsmu.

<ol>
<li><a href="http://www.facebook.com/"target="_blank">facebook</a></li>
<li><a href="http://www.youtube.com/"target="_blank">Free Watch Video</a></li>
<li><a href="http://www.yahoo.com/"target="_blank">Yahoo</a></li>
<li><a href="http://www.blogspot.com/"target="_blank">Blogger</a></li>
<li><a href="http://diee.info/"target="_blank">Die Info</a></li>
<li><a href="http://braincoderz.blogspot.com/"target="_blank">Abandoned</a></li>
<li><a href="http://braincoderz.wordpress.com/"target="_blank">The Braincoder</a> </li>
<li><a href="http://mediashared-liquid.blogspot.com/"target="_blank">Cool Wap</a> </li>
<li><a href="http://mediashared-liquid.blogspot.com/">Mediashared</a></li>
<li><a href="http://mediashared-liquid.blogspot.com/"target="_blank"rel="nofollow"><b>Situsku</b></a></li>
</ol>
<p>

ganti tulisan yang berwarna pink dengan alamat blog anda.
Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Powered by Blogger.

- Copyright © Easy,Complete, and as Learning -AndroidHint- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -